Translate

Senin, 01 April 2013

Indahnya Tulisan Terkadang Tidak Sebanding dengan Lisan



September, 22nd 2011
01.48 AM

Setiap kisah pasti punya cerita tersendiri untuk dikenang dan diabadikan. Cara setiap orang mengenang dan mengabadikan kisahnya berbeda-beda. Ada yang mengabadikan kisahnya lewat foto, tulisan, atau menempelkan dengan erat-erat di pikiran. Saya mencoba mengenang dan mengabadikan kisah-kisah yang pernah saya alami, hayalkan melalui tulisan. Karena saya percaya dengan suatu hal saat kita tidak ada lagi di dunia ini, orang hanya mengenang kita sebagai sesuatu yang umum.
Saya ingin mengubah pandangan itu, saya ingin saat saya, kamu, atau kita sudah tidak ada di dunia ini orang mengenang saya, kamu, atau kita karena sesuatu. Sesuatu itu adalah yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan diri sendiri. Hal yang bisa kita tinggalkan salah satunya melalui tulisan. Saya ingin menulis apapun yang menjadi pikiran, cita-cita, kejadian, kata-kata motivasi agar orang yang nantinya membaca tulisan ini memikirkan hal-hal apa saja yang telah mereka lakukan dan berikan selama ini dalam kehidupan.
Untuk menuliskan suatu kenangan itu sangatlah susah, karena saat memikirkan kata-kata, kita akan diajak untuk melewati lorong waktu yang telah dilewati di masa lalu. Kenangan itu baik jelek maupun bagus akan memberikan manfaat bagi saya, kamu, atau kita sebagai proses berpikir secara dewasa. Kedewasaan seseorang bukanlah dilihat dari seberapa lama dia melewati hari-hari di dunia ini. Dewasa bukanlah berdasarkan umur, tetapi berdasarkan cara berpikir dan mempertanggungjawabkan sesuatu. Seperti kata pepatah “tua itu pasti, dewasa itu pilihan”.
Bagi saya menulis sebagai salah satu untuk mengeluarkan pikiran-pikiran yang ingin saya sampaikan kepada orang lain, tetapi tidak mampu saya ucapkan melalui lisan. Lisan terkadang hanya mampu mengucapkan kata-kata yang umum, tetapi tulisan mampu menyampaikan kata-kata yang jauh lebih bermakna. Karena tidak semua kisah mampu kita bagikan kepada orang lain, terutama yang bernilai magis bagi kita dan orang lain.
Melalui tulisan saya ingin berbagi kisah apapun tentang kehidupan, mimpi-mimpi yang ingin saya raih. Orang lain mungkin berpikir kenapa pusing memikirkan mimpi-mimpi tersebut karena semua sudah diatur dan akan datang sesuai waktunya. Saya tidak percaya dengan pernyataan tersebut. Kalau kita punya mimpi, kenapa tidak berusaha meraihnya secerdas yang kita mampu? Karena mimpi yang ingin diraih akan dikabulkan kalau mau berusaha dan berdo’a. Di dunia ini tidak ada kata BISA atau TIDAK BISA yang ada kata MAU atau TIDAK MAU.
Selain itu lewat tulisan aku, kamu, atau kita juga bisa menyampaikan hal-hal yang ingin diutarakan tentang orang lain yang membuat kita tersenyum, bahagia, sedih, benci, dan lain sebagainya seperti orang tua, keluarga, sahabat, teman, musuh, dan someone. Terkadang, lisan tidak mampu mengutarakan hal ingin diutarakan tentang orang-orang tersebut secara langsung. Hanya tulisanlah yang mampu bercerita tentang orang-orang tersebut. So, keep spirit to write what you feel!


                                                                                                                        RN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar